Artikel Komunikasi Bisnis
NAMA : DWI NURUL FITRI
NPM : 13214309
KELAS : 4EA25
Prinsip Komunikasi Yang Produktif dan Efektif Dalam Bisnis
Komunikasi adalah salah satu dasar dalam menjalin hubungan sosial. Dengan komunikasi yang baik, maka pesan, gagasan, dan hubungan dapat terjalin serta tercapai sesuai harapan. Pun begitu dalam kehidupan bisnis, komunikasi yang terjalin dan terbangun dengan baik akan meningkatkan kinerja, produktivitas, dan ekosistem bisnis itu sendiri.
Komunikasi yang efektif merupakan elemen yang sangat penting dan wajib dipahami oleh setiap profesional, baik manager atau pemilik bisnis. Karena dengan komunikasi efektif inilah kita sebagai profesional mampu mengakomodir setiap apa yang ada dalam ekosistem bisnis kita.
Pentingnya komunikasi dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang mutlak, proses sebuah komunikasi harus di awalai oleh sumber (source) baik individu atau kelompok yang berusaha berkomunikasi dengan individu atau kelompok lain.
langkah-langkahnya sbb:
1. langkah pertama yaitu ideation merupakan penciptaan gagasan informasi untuk di informasikan.
2. Penciptaan suatu pesan adalah encoding. yaitu menrjemahkan informasi baik berupa kata-kata atau tanda-tanda bahkan lambang-lambang.
3. penyampaian pesan yang telah di sandi (encode). mneyampaikan pesan kepada penerimanya melalui berbicara, menulis, menggambar atau melalui tindakan tertentu.
4. perhatian di alihkan kepada penerima pesan, jika pesan itu bersifat lisan pendengar harus menjadi pendengar yang baik, karena jika tidak mendengar pesan tersebut akan hilang.
5. Langkah terahir yaitu feedback yang merupakan umpan balik yang memungkinkan sumber mempertimbangkan pesan yang telah di sampaikan penerima.
langkah-langkahnya sbb:
1. langkah pertama yaitu ideation merupakan penciptaan gagasan informasi untuk di informasikan.
2. Penciptaan suatu pesan adalah encoding. yaitu menrjemahkan informasi baik berupa kata-kata atau tanda-tanda bahkan lambang-lambang.
3. penyampaian pesan yang telah di sandi (encode). mneyampaikan pesan kepada penerimanya melalui berbicara, menulis, menggambar atau melalui tindakan tertentu.
4. perhatian di alihkan kepada penerima pesan, jika pesan itu bersifat lisan pendengar harus menjadi pendengar yang baik, karena jika tidak mendengar pesan tersebut akan hilang.
5. Langkah terahir yaitu feedback yang merupakan umpan balik yang memungkinkan sumber mempertimbangkan pesan yang telah di sampaikan penerima.
Sumber lain menyatakan bahwa ada setidaknya empat prinsip dasar komunikasi yang produktif dan efektif. Berikut ini adalah kiat empat prinsip dasar tersebut.:
1. Fokus Pada Solusi, Bukan pada Masalahnya
Ketika kita berinteraksi di kantor, acap kita menyaksikan orang sibuk berbicara mencari kambing hitam, menyalahkan pihak lain, dan melulu berfokus pada masalah. Bagian produksi menyalahkan orang marketing.Bagian marketing menyalahkan orang finance. Dan bagian HRD menjadi tempat tumpahan kekesalan semua departemen.
Komunikasi kita akan jauh lebih produktif jika kita fokus pada solusi. Misal, jika kita menemui hambatan dalam salah satu program kerja di kantor, kita mesti segera berdiskusi mencari jalan keluar untuk mengatasi hambatan. Otak mesti kita gedor untuk segera bicara mengenai solusi, dan menutup pintu bagi munculnya kata-kata yang menyalahkan pihak lain.
Mencari-cari kesalahan dan meyalahkan pihak lain memang mudah. Secara intuitif, orang menyukainya! Namun ini hanya buang waktu. Inilah mengapa kinerja perusahaan macet di tengah jalan. Lipatlah kebiasaan ini dan simpan rapat-rapat dalam laci. Kelak, jika Anda menemui rintangan, munculkan sikap fokus dan solusi.
2. Hindari Pernyataan Bentuk Negatif
Yang disebut pernyataan bentuk negatif adalah kalimat atau pernyataan yang mengandung salah salu kata tidak, bukan, dan jangan. Contoh sederhana: “Pak, kita tidak bisa menyelesaikan proyek ini tanpa dukungan tim logistik yang andal.” Kalimat ini akan menjadi lebih produktif dan meletupkan optimisme jika kita ganti menjadi: “Pak, kita bisa menyelesaikan proyek ini dengan dukungan yang bagus dari tim logistik,” Atau contoh simpel lain: “Nak, kamu tidak akan naik kelas jika tidak belajar tekun.” Kalimat ini akan menjadi lebih elegan kalau kita ubah menjadi: “Nak, kamu pasti akan naik kelas jika rajin belajar.”
Menurut para pakar psikologi, semakin banyak kata “tidak” dan kata negatif lain yang kita ucapkan, secara tidak sadar akan mendorong perilaku kita ke arah negatif (tidak bisa, tidak mampu, dan seterusnya). Sebaliknya, dengan framing kalimat positif, dan ini dilakukan secara repititif, akan membuat perilaku kita lebih optimis dan kian produktif.
3. Katakan Apa Yang Diinginkan
Prinsip ini mirip dengan prinsip kedua. Yakni mengajarkan kepada kita untuk selalu membuat frame kalimat positifketika menyampaikan pesan. Misal, dari pada mengatakan: “Mas, kalau nyetir mobil jangan ngebut”, lebih baik: “Mas, nyetir mobilnya hati-hati, ya.” Contoh lain: “Kalau bikin laporan, jangan ceroboh dan banyak bikin kesalahan.” Mengapa tidak kita ganti dengan: “Kalau bikin laporan, tolong konsentrasi penuh agar semua data tersaji akurat.”
4. Fokus Ke Depan
Di lingkungan pergaulan kantor, kita acap mendengar kalimat: “Gue bilang juga apa kan..” Atau kalimat seperti ini: “Nah, betulkan apa kata saya …” OK, kalimat-kalimat seperti itu memang membuat yang ngomong merasa “hebat”. Namun, daripada fokus pada masa lalu, sebaiknya kita ucapkan kalimat lain yang menunjukkan optimisme semisal :“OK, kita ambil hikmahnya. Mulai sekarang dan ke depan, kita harus lebih …” Kalimat ini akan membuat mitra bicara kita mendapat respek. Juga akan membuat kita bisa fokus pada solusi, dan maju ke masa depan yang lebih baik.
Sumber :
https://tanpabos.com/prinsip-komunikasi-yang-produktif-dan-efektif-dalam-bisnis/
Let me tell you something...
BalasHapusThis might sound kind of creepy, maybe even a little "supernatural"
BUT what if you could simply hit "PLAY" to LISTEN to a short, "miracle tone"...
And INSTANTLY attract MORE MONEY to your life?
And I'm really talking about BIG MONEY, even MILLIONS of DOLLARS!!!
Sound too EASY? Think this couldn't possibly be for REAL?
Well, Let me tell you the news..
Usually the most magical blessings in life are also the EASIEST!!!
Honestly, I will PROVE it to you by allowing you to PLAY a REAL "magical abundance tone" I've produced...
You simply press "PLAY" and the money will start coming into your life.. starting almost INSTANTLY..
CLICK here to PLAY the magical "Miracle Money-Magnet Sound Frequency" - it's my gift to you!!!