Kewirausahaan (Studi Kelayakan Bisnis)
Studi Kelayakan Bisnis
Disusun
oleh:
Annisa
Aprilia 11214349
Candra
Hadi Prayoga 11214276
Dwi
Nurul Fitri 13214309
Eristio
Sogiro 13214612
M.
Arif Ramdhani 16214773
(3EA25)
UNIVERSITAS GUNDARMA
DEPOK
2017
Profil Perusahaan
Sejarah Berdirinya CV. Super
Mandiri
CV. Super Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam jasa pelayanan Fotocopy, Penjilidan dan Digital
Printing. Layanan utama Super
Mandiri adalah waktu pelayanan yang bisa ditunggu dan cepat serta
aktual dengan kualitas yang tetap terjaga dan harga yang relatif murah.
Dibentuk tanggal 13 Juli
2015 yang beralamat di Jl. Akses
Universitas Indonesia No.49, Kelapa Dua, Depok
Gambar
dan Logo Perusahaan

Visi,
Misi dan Tujuan Perusahaan
A. Visi Perusahaan CV. Super Mandiri
PRODUK dan PELAYANAN terhadap kepuasan konsumen adalah prioritas kami
dalam menjalankan tugas dan pekerjaan sesuai keinginan konsumen, dengan tempo
yang cepat, hasil yang memuaskan dan harga yang murah tanpa menungu lama untuk
menyelesaikan tugas dan keperluan konsumen..
B. Misi Perusahaan CV. Super
Mandiri
Membangun Usaha dalam bidang jasa yang
mampu memberikan pelayanan dan kepuasan untuk pelanggan.
Menciptakan sebuah inovasi untuk
terciptanya nilai tambah didalam sebuah Produk yang dapat menguntungkan dan
menciptakan peluang usaha baru.
Menghadirkan Lapangan Pekerjaan yang
Propesional dengan situasi kerja yang produktif.
C. Tujuan Perusahaan
Tujuan
perusahaan antara lain memaksimalkan keuntungan dan meningkatkan usahanya.
Perusahaan akan berusaha untuk mencapai tujuannya dan menerapkan serangkaian
kebijakan tertentu yang terintegrasi satu dengan yang lainnya sehingga dapat
mempertahankan keberadaannya dalam pasar.
Pembahasan
Salah satu
aspek rencana bisnis yang perlu dikaji kelayakannya adalah aspek pasar dan
pemasaran. Jika pasar yang akan dituju tidak jelas, prospek bisnis ke depan pun
tidak jelas, maka resiko kegagalan bisnis menjadi besar. Oleh karena itu,
sebelum menggarap bisnis hendaknya dilakukan terlebih dahulu analisis terhadap
pasar potensial yang akan dimasuki oleh produk yang akan dihasilkan oleh
perusahaan. Setelah ditemukan pasar potensial dan masih terbukanya peluang
untuk mengembangkan bisnis tersebut, maka dapat dilakukan analisis terhadap
aspek-aspek bisnis yang lainnya.
Kami memilih
untuk mengangkat usaha foto copy sebagai salah satu usaha yang memenuhi standar
kelayakan bisnis dan dianggap cukup menjanjikan dikarenakan kalangan mahasiswa
membutuhkan jasa fotokopi untuk menunjang aktivitas perkuliahannya. Oleh karena
itu, kami sebagai mahasiswa sendiri menyadari betapa pentingnya usaha fotokopi
ini. Pada kesempatan ini, kami ingin mencoba mendirikan usaha fotokopi yang
letaknya berada di dekat kampus Universitas Gunadarma. Penjelasan lebih lanjut
mengenai aspek pasar dan pemasaran adalah sebagai berikut :
1). Potensi Pasar : CV. Super Mandiri terletak di Jl. Akses Universitas Indonesia No.49, Kelapa
Dua, Depok Tepatnya didepan kampus Universitas Gunadarma Kelapa Dua Depok dan di
kawasan kos-kosan para mahasiswa, sehingga mudah dikenali dan terjangkau dalam
hal transportasi, karena sebagai jalur keluar masuk kampus dan CV. Super
Mandiri memiliki beberapa cabang di antaranya ada yang berada di dekat kampus
Universitas Gunadarma Margonda Depok yang letak nya masih di kawasan kampus dan
jalan utama yaitu Jl. Margonda Raya No.21 Depok.
2). Peluang Pasar: Fotocopy,
penjilidan, printing, ketik, dan laminating merupakan aktivitas yang dekat
dengan mahasiswa dan memang dibutuhkan mahasiswa untuk menunjang kegiatan
perkuliahannya, sehingga kebutuhan mahasiswa akan usaha ini cukup tinggi. Usaha
fotokopi ini diberi nama “Super Mandiri” yang cukup mudah diingat dan mempunyai
nilai keunikan tersendiri.
CV. Super Mandiri menyediakan berbagai jasa yang berhubungan
dengan fotokopi dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan standar harga
fotokopi di tempat-tempat lain, bahkan untuk beberapa jenis jasa ada yang
harganya lebih murah bila dibandingkan dengan harga di tempat-tempat lain. CV. Super Mandiri menawarkan konsep
tempat fotokopi yang nyaman, aman, dan profesional dalam bidangnya, sehingga
para konsumen dapat dipastikan akan mendapatkan kualitas pelayanan yang
maksimal dari usaha fotokopi ini
Dengan banyak nya pesaing maka secara tidak langsung akan
mempengaruhi jumlah pendapatan dan menghasilkan keuntungan bagi CV. Super Mandiri. Selain itu, hal ini
juga akan mempengaruhi bagaimana pemilik agar terus berinovasi untuk
mempertahankan usahanya di tengah persaingan pasar yang ketat.
3). Rencana Penjualan Perusahaan memiliki kebijakan penjualan yang dilakukan secara
tunai atau kredit, penjualan kredit dapat dilakukan dengan memberikan DP
terlebih dahulu dan setelah barang sudah
selesai baru dilunasi. Sedangkan pembelian secara tunai dapat langsung dilayani
oleh bagian penjualan. CV. Super Mandiri menggunakan channel distribusi
langsung yaitu dari produsen langsung kepada konsumen, sehingga memudahkan
dalam melayani para pelanggan dan meninggalkan kesan terlalu rumit / ribet.
Selain itu, CV. Super Mandiri menerima order 24 jam fullday service dan
delivery service, CV. Super Mandiri mengembangkan dan memanfaatkan kemajuan
teknologi dalam pelaksanaan usahanya. Salah satunya implementasi dan
penerapannya adalah dengan cukup sms atau telpon dan memberitahukan nama-alamat
ke nomor telpon yang tertera, order bisa diambilkan dan diantarkan. Jasa-jasa
yang telah ditawarkan oleh CV. Super Mandiri terdiri dari berbagai macam
spesifikasi dan harga yang miring dan bisa ditawar dan yang membedakan dengan tempat lain sehingga
lebih diminati. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem harga yang jelas dan
disesuaikan dengan standar tarif yang ada sehingga memudahkan para pelanggan
dalam melakukan order.
4). Strategi
Pemasaran, Staregi yang dilakukan dapat dilihat dari lokasi atau tempat usaha
yang strategis,dan dilakukan dengan cara pemasaran yang tepat seperti
a. Selebaran Dengan menyebarkan iklan berupa lembaran-lembaran
kertas tentang CV. Super Mandiri maka diharapkan masyarakat tertarik mencoba
dan menjadi pelanggan. Selebaran ini biasanya disebarkan di toko CV. Super
Mandiri itu sendiri dan juga di lingkungan kampus Universitas Gunadarma.
b. Pamflet CV. Super Mandiri
membuat pamflet dengan tulisan dan gambar menarik yang berukuran 1 m x 0,5 m
dan dipasang persis di depan toko fotokopi, sehingga memudahkan masyarakat
untuk menemukan lokasinya dan bisa menjadi salah satu alat untuk menarik perhatian masyarakat akan
keberadaan CV. Super Mandiri tersebut.
c. Dari mulut ke mulut Cara ini
merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan sehingga paling sering
dilakukan oleh CV. Super Mandiri dan memang terbukti efektif untuk promosi.
Aspek Teknis dan Operasional
A. ASPEK TEKNIK DAN
TEKNOLOGI
1.
Teknologi Yang
Digunakan Peralatan-peralatan yang digunakan oleh CV. Super Mandiri terdiri dari
berbagai spesifikasi antara lain adalah sebagai berikut :
a.
Mesin fotokopi 2 buah
b.
Mesin jilid 1 buah
c.
Mesin potong kertas 1
buah
d.
Mesin laminating 1 buah
e.
Mesin pressmika 1 buah
f.
Komputer 4 buah
g.
Printer 4 buah
h.
Scanner 1 buah
Sedangkan berbagai macam bahan-bahan yang digunakan oleh “CV. Super Mandiri” antara lain
adalah sebagai berikut :
a.
Kertas putih berbagai
ukuran, ketebalan, dan berat
b.
Kertas buram
c.
Kertas warna soft cover
dan hard cover
d.
Kertas transparan
e. Tinta hitam dan tinta warna
f.
Lakban dan spiral
2. Pengadaan Bahan Baku / Material
CV. Super Mandiri
melakukan pengadaan bahan baku untuk fotokopi yang berasal dari bahan-bahan yang
berkualitas dan terjamin kebersihannya. Bahan baku diambil langsung dari
pemasok yang sudah berpengalaman dan mempunyai stok yang besar, sehingga
terhindar dari kelangkaan bahan dan bisa memenuhi keseluruhan kebutuhan bahan
baku CV. Super Mandiri.
3. Penjadwalan / Scheduling
CV. Super Mandiri
menentukan penjadwalan berdasarkan kebutuhan konsumen dengan sistem full day.
Untuk pelayanan toko, mulai buka pada jam 08.00 WIB dan tutup pada jam 21.00
WIB. Untuk pelayanan order, CV.
Super Mandiri siap melayani selama 24 jam.
4.
Manajemen Persediaan
CV. Super Mandiri
mempunyai persediaan yang telah diatur seefektif dan seefisien mungkin sehingga
dapat terpenuhi jika dibutuhkan sewaktu-waktu dan menghindari kenaikan harga
bahan baku yang nantinya akan merugikan usaha tersebut. Misalnya, CV. Super Mandiri mempunyai
persediaan bahan baku yang mencukupi kebutuhan 1 bulan yaitu kertas putih
kurang lebih sebanyak 60 hingga 800 rim dan tinta hitam kira-kira sebanyak 10
suntikan. Dengan demikian, dapat mengantisipasi jika sewaktu-waktu CV. Super Mandiri mendapatkan
order yang lebih banyak dari biasanya dan juga menghindari kekurangan bahan
baku (kehabisan stok kertas).
5.
Kebutuhan Tenaga Kerja
CV. Super Mandiri membutuhkan para tenaga kerja yang memiliki kompetensi,
profesionalitas, loyalitas, dan mampu memberikan pelayanan (service) yang
memuaskan konsumen. Untuk sementara ini, total karyawan yang dimiliki oleh CV. Super Mandiri adalah 2
orang karyawan dengan spesifikasinya adalah 2 orang yang bertugas untuk
melayani kebutuhan konsumen dan bekerja di bagian kasir pembayaran. Dengan
komposisi karyawan sebagaimana di atas, diharapkan CV. Super Mandiri dapat memberikan pelayanan yang
maksimal kepada para konsumen.
B.
C. LOKASI USAHA
1.
Lokasi Usaha
Adapun lokasi yang dirasa cukup potensial / menjanjikan
sebagai tempat didirikannya CV.
Super Mandiri yaitu Jl. Akses Universitas
Indonesia No.49, Kelapa Dua, Depok. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut dinilai cukup strategis
dan representatif karena lokasinya terletak tepatnya
didepan kampus Universitas Gunadarma Kelapa Dua Depok dan ditunjang lagi dengan keberadaannya di kawasan kos-kosan
para mahasiswa, serta sebagai akses jalan keluar masuk para mahasiswa. Para
mahasiswa dalam usaha CV. Super
Mandiri ini berfungsi sebagai target pasar yang diutamakan.
2.
Luas Lahan
Luas produksi CV.
Super Mandiri meliputi sebuah bangunan yang lahannya tidak terlalu luas
namun dinilai tetap representatif, yaitu berukuran 4 m x 4 m. Dikarenakan usaha
ini merupakan jenis usaha kecil maka tidak diperlukan lahan produksi yang
terlalu luas, namun diusahakan
/ dicoba untuk digunakan / ditata dengan sebaik-baiknya. Tetapi dengan luas
produksi yang bisa dibilang tidak cukup luas ini, CV. Super Mandiri mengusahakan untuk
mengoptimalkan manfaat dari bangunan tersebut. Hal itu dikarenakan bangunan
yang digunakan
ini memberlakukankan sistem sewa / kontrak tahunan dan dilakukan dengan tujuan
untuk mendukung penjualan jasa yang ditawarkan dan sebagai salah satu investasi
tetap usaha tersebut.
3.
Lay Out
CV. Super Mandiri mengutamakan pelayanan kepada pelanggan agar merasa nyaman
dan aman jika berada dalam lokasi tersebut. Oleh karena itu, lay out dirancang
dengan serapi dan sebersih mungkin sehingga bisa memberikan kesan good looking
dan interesting kepada para pelanggan. Sudah disadari bahwa lay out / keadaan
lokasi merupakan salah satu faktor pendukung usahanya. Dengan demikian,
konsumen / pelanggan akan merasa puas (satisfy) terhadap pelayanan CV. Super Mandiri.
Kesimpulan & Saran
I.
KESIMPULAN
Berdasarkan analisis dan pengkajian yang telah dijelaskan sebelumnya,
maka dapat diberikan suatu kesimpulan mengenai usaha yang dijadikan obyek
analisis Studi Kelayakan Bisnis oleh penulis yaitu CV. Super Mandiri. Kesimpulan yang dapat diberikan
adalah sebagai berikut :
1.
Aspek Pasar dan
Pemasaran
Usaha CV.
Super Mandiri memiliki peluang untuk memenuhi standar kelayakan bisnis
dan dianggap cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan kalangan mahasiswa
membutuhkan jasa fotokopi untuk menunjang aktivitas perkuliahannya. Melihat dan
menyadari betapa pentingnya usaha fotokopi ini, maka didirikanlah CV. Super Mandiri yang terletak di dekat kampus Universitas Gunadarma dan daerah kos-kosan para mahasiswa, yang menjadi target
konsumen utama dari usaha ini. Berdasarkan aspek pasar dan pemasaran tersebut,
maka usaha CV. Super Mandiri
dapat dikatakan layak / feasible.
2. Aspek Produksi / Operasional
Usaha CV.
Super Mandiri mempunyai lokasi strategis, luas bangunan yang
representatif, dan lay out yang terencana. Hal ini dapat menunjang / mendukung
kinerja operasional. CV. Super
MandirI juga mempunyai persediaan bahan baku yang efektif, penjadwalan
yang efisien, dan tenaga kerja yang berkompeten. Berdasarkan aspek produksi /
operasional tersebut, maka usaha CV.
Super Mandiri dapat dikatakan layak / feasible.
3.Aspek
Keuangan
Usaha
CV. Super
Mandiri melakukan perhitungan pada Analisis Cash Flow dan Laporan Laba
Rugi, sehingga diketahui perkembangan keuangan dari tahunke tahun. Selanjutnya
juga dilakukan perhitungan kriteria investasi yaitu Net Present Value, Payback
Period, Interest Rate of Return, Profitability Indeks, dan Break Event Point.
Perhitungan aspek keuangan tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa usaha CV.
Super Mandiri dapat dikatakan layak / feasible.
4.Aspek Lingkungan
Usaha
CV. Super
Mandiri mengevaluasi aspek lingkungan, baik secara lingkungan industri
maupun lingkungan hidup. Dalam lingkungan industri, usaha ini telah melakukan
berbagai langkah antisipasi untuk menghindari pengaruh buruk yang dapat
merugikan. Berdasarkan aspek lingkungan tersebut, maka usaha CV. Super Mandiri
dapat dikatakan layak / feasible. Berdasarkan analisis yang komprehensif dari
berbagai aspek yang telah dikaji sebelumnya, maka dapat diberikan kesimpulan
bahwa secara keseluruhan usaha CV. Super Mandiri ini dapat dikatakan layak /
feasible. Untuk tahap berikutnya, usaha CV. Super Mandiri ini dapat diterapkan,
dikelola, dan dikembangkan sebagaimana mestinya. Dengan demikian, usaha CV. Super Mandiri
ini dapat digunakan untuk evaluasi sebuah Studi Kelayakan Bisnis. Selanjutnya,
usaha CV. Super
Mandiri ini dapat direkomendasikan kepada para penyandang dana / pemilik
modal dan dapat tertarik untuk merealisasikan dan menerapkannya dalam dunia
bisnis yang sesungguhnya.
II. SARAN
Dalam menjalankan usaha
fotocopy, yang perlu untuk diperhatikan dalam mengenai bagaimana menjaga
kualitas hasil fotocopy yang baik dan menjaga stabilitas stock kertas serta
mencari segmen yang tepat juga menentukan dalam harga pasar
serta harus tau bagaimana membertahankan pelanggan dari banyaknya pesaing
dengan usaha yang sama, agar usaha yang dijalankan tetap berjalan dengan baik
dan juga bagaimana mengelola keuangan yang baik agar perusahaan mendapatkan
laba yang maksimal. Kami yakin usaha CV. Super Mandiri ini akan berhasil dan mampu
bertahan dalam jangka waktu panjang. Selain itu, usaha CV. Super Mandiri ini juga akan
memberikan keuntungan / profit yang signifikan dan kegiatan wiraswasta yang
sangat efektif. Hal ini dikarenakan, saat ini manusia-manusia sedang
berlomba-lomba untuk bersaing dalam berbagai bidang, terutama untuk menguasai
dunia bisnis. Oleh karena itu, penulis yakin usaha CV. Super Mandiri ini layak /
feasible untuk direalisasikan di tengah perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dunia bisnis, dan era globalisasi seperti sekarang ini. Demikianlah
kesimpulan dan rekomendasi ini dibuat untuk Studi Kelayakan Bisnis.
Foto




terimakasih telah berbagi artikel menarik seputar ilmu kewirausahaan...
BalasHapusAplikasi Kasir di Android